Pages

Minggu, 25 Desember 2011

Berbuatlah...

Menganggap sepele hal-hal kecil, itulah kebiasaan kita. Tahukah? justru disini semua bermula...

Pupuklah azam dalam dada bahwa "aku senang menjadi manfaat untuk orang lain". Berawal dari azam ini kan Kau dapatkan kebaikan yang melimpah-limpah.

Pernahkah suatu pagi Kau rasakan 'ruh' yang berbeda? begitu bersemangat, optimis, dan secara tak sadar kita menjadi lebih ramah. Mulailah mengingat, apa yang menyebabkan pagi itu terasa istimewa? Ya.... pagi itu Kau mungkin terbangun lebih awal dan kemudian mengganjilkan raka'at shalat malam, mungkin juga Kau telah bertemu dengan orang-orang hebat di awal hari itu, atau bahkan mungkin Kau telah berbuat 'sesuatu' yang membuat orang lain merasa terbantu, meski hal itu terasa begitu kecil. Kemudian senyum itu mengembang dan kemudian mengundang kebaikan-kebaikan lain sepanjang hari.

Ini soal kerja kita, Kawan...
Menjamahkan tangan pada sesuatu yang membuat orang lain merasa senang adalah kerja yang sederhana. Mari kita lihat, setelah Kau melakukanya, bukankah Kaupun turut merasa senang? Ya, bahkan mungkin lebih dari apa yang mereka rasakan.

Seseorang pagi itu tengah berbasah-basah mencuci berember pakaian kotor, seorang kawannya kemudian berkata mengapa begitu lama ia mencuci, sedikit menyelidik dan kemudian terkaget, "baju siapa yang Kau cuci?" orang itu hanya tersenyum, sang Kawan kemudian memberondong "apa orang yang kau cucikan bajunya ini tahu?" ia menggeleng, sang kawan dengan gemas berkata "kenapa kau lakukan ini? Aku merasa tak rela Kau melakukannya". Kawan, bagaimana pendapatmu jika cerita ini beredar dan kemudian menjadi sebuah inspirasi yang membuat orang lain tergerak? satu, dua, puluhan, ratusan bahkan ribuan orang mungkin akan mendengar cerita sederhana ini dan diantara mereka pasti akan ada yang mengikut langkah itu bahkan jauh lebih baik. Akankah 'pencuci' itu mendapat sesuatu? wa man ya'mal mitsqaala dzarratin khoiroyyaroh...

Benarlah slogan 3M yang membumi itu; Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil dan Mulai saat ini! itu berarti agak sulit jika kita membantu orang lain sedangkan kamar kita sendiri masih seperti kapal sisa peperangan, jika pakaian kotor kita sendiri pun masih menumpuk karena kelalaian. Orang yang telah 'selesai' atas urusannya sendiri, maka pastilah ia yang paling banyak menjadi manfaat buat orang lain.

Berbuatlah...bahkan jika dirimu akan menggerutu, mengeluh, dan tak ikhlas sekalipun...karena kita tak pernah tahu bagaimana catatan sejarah yang telah kita torehkan itu bekerja, mungkin disana akan ada orang-orang ikhlas yang menjejak tapak-tapak sejarah kita...

Tidak ada komentar: