Pages

Selasa, 24 Januari 2012

Tak Hanya Untuk Kita...

Proyek akhirat itu telah berakhir, menyisakan sebuah perasaan aneh yang membuatku sering merenung...

Seminar muslimah bertema Cantik Bersama Al-Qur'an adalah garapan kami yang pertama. Semata karena pertolongan Allah, acara itu memikul sukses yang tak terperi. jumlah peserta yang memuaskan, pemateri yang diluar dugaan ternyata begitu luar biasa, hingga carik-carik pesan kesan yang membuat diri ini 'merinding' nyaris tak percaya...

Sampai ketika seorang mempertanyakan 'untung' yang didapat. Sementara karena proyek itu, banyak hari yang terlewat tampa hafalan yang bertambah, dhuha-dhuha yang sering kali membuatku berteriak "maa sya Allah...terlewat!" dan 'amaliyah  lain yang nyaris tak pernah maksimal.

khoirunnaas anfauhum linnaas...
Satu-satumya nasehat yang membuatku bersyukur. Beruntung selalu ada 'ayah' yang kembali menguatkan...Bahwa tak seharusnya 'untung' diri itu menjadi tolak ukur, lihatlah dari lebih banyak sisi, bahwa ternyata banyak orang yang akhirnya 'terbantu' dan 'menemukan' kembali cercah-cercah cahaya sempat hilang, keilmuan mereka terfasilitasi karena kerja kita, golongan-golongan yang 'terserak' itu berkumpul sama tinggi sebagai para pecinta ilmu yang kemudian memetik buah semangat sebagai para sahabat Al-Qur'an...itulah 'untung' kita yang hakiki...manfaat yang orang lain rasakan.

Alhamdulillah...Semata karena PertolonganNya...
Sehari setelah proyek itu, ujian kampus seakan menjadi pelengkap 'galau'ku yang masih tersisa...ikhlas...
Dan berakhirlah ujian itu 'seadanya', nilai yang 'seadanya' karena ikhtiar yang juga 'seadanya'. Tampaklah kini secuil kapasitas diri yang teramat jauh dari kesan yang zahir. Jika Yusuf Qardhawi dengan aktifitas dakwahnya  kemudian mendapat sebuah 'hadiah' mimpi soal-soal ujian yang ternyata tertulis sama dikertas ujian keesokan harinya, maka aku...jangan pernah tanyakan itu.

Yang jelas kini, masih banyak yang mesti dibenahi. Bekerja dalam aktfitas dakwah seharusnya juga membuat lejitan-lejitan prestasi ruhiyah, akliyah dah jasadi melesat jauh. Peer yang kan menyita seumur hidup kita. Kemudian kerja itu kelak tak hanya untuk kita...

Tidak ada komentar: